October 30, 2011

Life Changes, but Memories Don't

sejauh apapun kamu berlari, sedalam apapun kau bersembunyi....memori itu akan tetap mengejarmu. akan tetap menghantui sisa - sisa hidupmu.....

Bisa saja kamu berteriak dengan lantang bahwa kamu sudah lupa jalan ceritamu waktu SD, SMP, SMA, kuliah, namun tidak demikian dengan isi kepalamu. Di sana tersimpan segudang memori berjuta-juta atau bahkan tak terhitung byte-nya yang sewaktu-waktu akan membuka kembali tanpa kamu minta.



Hidupmu terus berubah seperti apa yang kamu rencanakan. Jalan ceritamu akan berwarna-warni sesuai dengan crayon yang kamu kehendaki. Namun, tidak dengan memori. Memorimu akan berwarna seperti itu saja. Tetap sama meskipun banyak pilihan warna yang menghendakinya berubah.

Kepalamu penuh sesak dengan memori, bukan begitu? Segala kenangan tertumpah ruah di dalamnya. Pahit, manis, asam, asin. Semuanya berbaur menjadi satu dan tersimpan rapatdalam masing-masing tempat.

Aku masih ingat benar bagaimana aku berusaha maju untuk menggapai asaku karena kenangan masa lalu. Aku juga masih sangat jelas bisa mengingat bagaimana aku telah berputus asa mencari cinta gara - gara kenangan burukku di masa lalu.
Masa lalu, kenangan, memori, apapun isinya, apapun bentuk dan esensinya dia sangat memiliki andil untuk membuat hidupmu berubah. Jadi, jika kau pernah bertanya pada dirimu sendiri bagaimana aku bisa berubah? Apa yang membuatku bisa berubah?
jawabannya adalah memori, kenangan itu sendiri. Baik buruknya masa depanmu nanti akan bergantung dari usahamu sekarang. Dan usahamu sekarang tak luput dari pantauanmu terhadap kenangan masa silam. Bukan begitu?

Bisa saja kita tertawa-tawa bersama teman baru, hangout bareng, belajar bareng, dan lain-lain. Tapi kau tidak akan pernah melupakan memorimu bersama kawan-kawan lamamu kan? Bahkan tak jarang banyak orang membandingkan masanya sekarang dengan memorinya masa silam, yang terkadang mereka bilang lebih indah di masa silam. Namun, itu semua akan berubah ketika kamu telah melewati duniamu lagi yang baru. Zamanmu SMP jauh lebih indah dari zamanmu SMA, zamanmu SMA jauh lebih indah dari zamanmu kuliah, dan zamanmu kuliah jauh lebih indah dari zamanmu kerja. Seperti itulah manusia. Perubahan selalu membawa serta kenangan, kenangan adalah pembanding yang tidak sedikit menimbulkan ketidakpuasan.


Hidupmu terus berputar, berubah menyesuaikan pola perubahan itu sendiri. Sedangkan memori akan tetap berdiri di sana, tetap pada tempatnya. Memori dan perubahan adalah sepasangan yang tak terpisahkan. Hal terindah yang manusia punya adalah kenangannya sendiri. coba kau pikir, apa jadinya jika kau kecelakaan dan memorimu menghilang dari otakmu? Aku tidak mau itu. Sesakit apapun memori, bahkan sekejam apapun seseorang atau sesutau telah membuat hidupmu berubah, memori akan tetap sama di mata hati dan jiwamu, otakmu. Memori adalah bagian terpenting dari hidupmu.

Pikirku, kenangan adalah terowongan kasat mata penghubung masa depan. Kenangan adalah jalan terpendek penghubung perubahan.

2 komentar:

s.jayagiri said... Reply Comment

masa lalu lah yg membuat masa depan kita...

Bibir Beku said... Reply Comment

iyaaa....benar sekali....

Post a Comment